Adanya Perebutan Sumber Air

Akan tetapi juga perlu diketahui bahwa konflik yang disebabkan oleh air ini dapat muncul mencuat ke permukaan didasari beberapa alasan, termasuk diantaranya perebutan batas wilayah (seperti kasus antara Palestina dan Israel yang tiada hentinya dibahas), lalu perebutan sumber daya alam, dan juga berbagai alasan lainnya yang mendasari keuntungan suatu negara secara strategis, layaknya pulau Dokdo yang terus diperebutkan oleh Korea Selatan dan Jepang, bahkan Cina juga ikut mengklaim. Namun dalam suatu negara pasti memiliki cadangan air, tinggal bagimana pihak setempat mengelolanya saja.

Sebuah database alias basis data online yang mudah dibaca telah dibentuk oleh institut pasifik mengenai berbagai macam konflik serta ketegangan yang didasari oleh perebutan air bernama Kronologis Konflik Air. Basis data ini sendiri mampu memberikan banyak kejadian kekerasan yang terjadi hanya karena mereka menginginkan air hingga lima ribu (5.000) tahun kebelakang. Mungkin bagi sebagian orang hal seperti ini dianggap seperti aib, namun dilain hal juga data ini diperlukan sebagai pengingat agar kita jangan melakukan hal serupa lagi, entah karena air atau bukan.

Konflik yang terjadi antara negara, provinsi, atau kelompok masyarakat seperti ini sendiri kerap terjadi lantaran mereka memperebutkan sumber air, baik yang bersifat tawar maupun asin seperti garis pantai atau juga bisa keduanya. Namun kebanyakan ketegangan yang terjadi lantaran adanya perebutan sumber air tawar, lantaran sangatlah diperlukan namun sangat terbatas dan tidak perlu dijernihkan dengan metode khusus terlebih dahulu serta sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan irigasi juga minum. Jadi tunggu apa lagi, ayo cepat pesan produk dari Profil Tank sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *