Memanfaatkan Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam atau yang biasanya disingkat dengan istilah SDA merupakan semua benda dan makhluk hidup yang ada di muka bumi yang digunakan untuk kemakmuran manusia. Bukan hanya komponen biotik atau benda hidup saja seperti tumbuhan, hewan dan organisme yang termasuk di dalam sumber daya alam namun juga faktor abiotik atau benda mati di dalamnya seperti air, tanah, batuan, energi dsb. Sebenarnya kita dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui tersebut, yang misalnya dapat menghasilkan sumber mata air.

Caranya ialah dengan menampung sumber mata air tersebut di dalam harga tangki air, maka dari itu sangat dibutuhkan untuk mempunyai tangki air tersebut. Tangki air berperan sebagai penampungan cadangan air sementara. Maka dari itu kita tidak perlu khawatir jika suatu saat nanti menglami krisis air atau musim kemarau berkepanjangan. Sangatlah disarankan untuk memiliki tangki air ini ditempat tinggal anda, karena tangki ini memberikan banyak manfaat. Persedaian sumber daya alam yang ada di dalam bumi ini semakin hari semakin berkurang jumlahnya karena adanya eksploitasi besar-besaran yang dilakukan oleh manusia terutama semenjak adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat dan terjadinya revolusi industri di dunia.

Sumber daya yang dapat diperbaharui ialah tumbuhan, semua jenis tumbuhan yang ada di muka bumi ini dan produk turunannya seperti karet atau lateks, kapas, biosolar, biodiesel, alkohol, spitrus, terpertin dan masih banyak lagi lainnya. Lalu sinar matahari, cahayanya akan selalu menerangi bumi selama bumi masih menjadi salah satu planet yang berada di dalam sistem tata surya. Saat ini matahari terasa lebih banyak karena adanya pemnasan global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *