Penjelasan Musim Kemarau untuk Tangki

Musim kemarau atau musim panas (menurut versi penduduk Indonesia) atau musim kering ini merupakan salah satu musim yang terjadi pada negara yang memiliki iklim tropis. Hal ini bisa terjadi karena adanya gerakan angin muson timur yang melewati Indonesia. Tentunya kita dapat memanfaatkan tangki air ketika musim kemarau itu tiba, karena saat musim kemarau kita akan sulit mendapatkan mata air ataupun mendapatkan air bersih. Maka dari itu peranan cadangan air sementara sangatlah penting digunakan, yaitu harga tangki air. Yang dimana kapasitas tangki air akan cukup menampung air bersih untuk beberapa hari digunakan kedepan.

Maka dari itu sangatlah disarankan untuk anda memasang tangki air ini di tempat tinggal anda, karena tangki air akan meberi banyak manfaat. Proses angin muson ini adalah angin dari belahan bumi utara, yang mana menyebabkan benua Australia dalam keadaan dingin sehingga tekanannya maksimum penjelasan musim kemarau untuk tangki. Hal ini menyebabkan benua Asia dalam keadaan panas, sehingga tekanannya minimum. Karena angin akan bertiup dari tekanan maksimum ke tekanan minimum, maka arah perjalanan angin dari Australia ke Asia menuju ke daerah garis khatulistiwa (Indonesia). Arah perjalanan mata angin tersebut melalui gurun pasir bagian utara Australia yang panas dan kering, sehingga sampai di Indonesia hanya musim kemarau.

Keadaan musim kemarau ini sangat erat kaitannya dengan curah hujan yang sangat kurang, yakni hanya 360 milimeter per tahunnya. Selain Indonesia, juga ada beberapa negara di Asia Tenggara, Asia Selatan, Australia bagian timur laut, Afrika serta beberapa Amerika Selatan. Adanya musim kemarau bisa terjadi karena penyinaran matahari pada bumi tidak terhalang langsung oleh awan-awan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *